Batik Resmi Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara- Sejak diberitakan oleh Presiden RI bahwa Ibukota Negara Indonesia pindah ke Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, maka banyak orang yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kedua wilayah ini.
Seperti kita ketahui bersama bahwa sejak berdirinya Republik Indonesia, kita pernah memiliki 2 kota yang dijadikan ibukota yaitu Yogyakarta dan Jakarta.

Yogyakarta yang dalam sejarahnya merupakan pusat kerajaan Mataram pada tahun 1575 hingga 1640 menjadi kerajaan pertama di nusantara yang menyatakan bergabung dengan Republik Indonesia sejak proklamasi kemerdekaan berdasarkan surat Amanat 5 September 1945 oleh Sri Sultan HB IX dan Pakualam VIII. Karna maraknya aksi - aksi Belanda pada jaman revolusi di Jakarta, maka Sri Sultan HB IX memiliki inisiatif untuk memindahkan ibukota ke Yogyakarta di tahun 1946 hingga 1950. 
Seperti sejarah perpindahan ibukota Indonesia dari Jakarta ke Yogyakarta waktu itu yang dipicu oleh maraknya aksi - aksi dari Belanda, kepindahan ibukota kali ini dipicu karna kepadatan penduduk yang terpusat di pulau Jawa terutama Jakarta. Kondisi kota yang sering banjir dan kemacetan yang terjadi setiap hari menjadikan lasan yang logis untuk memindahkan ibukota di Kalimantan.
Seperti halnya Yogyakarta, Kutai Kartanegara juga merupakan kerajaan dan pada tanggal 27 Desember 1949 menyatakan bergabung dengan Republik Indonesia.

Karena memiliki latar belakang yang sama yaitu bentuk pemerintahan kerajaan, tentunya kedua kota ini juga memiliki budaya yang berkembang seiring berkembangnya daerah tersebut dalam suatu pemerintahan kerajaan.
Pada jaman dahulu produksi utama selain bahan makanan yang diproduksi secara ekslusive adalah pakaian. Pakaian yang dikenakan oleh Raja - raja dan bangsawan pasa saat itu berupa kain - kain batik yang masih lestari hingga saat ini. Motif - motif yang banyak digunakan adalah motif suku dayak yaitu suku asli Kalimantan.
Batik sering dijadikan kombinasi untuk mengenakan Baju Kustim, yaitu baju adat Kutai Kartanegara. Biasanya batik dikenakan sebagai bawahan yang melengakapi baju adat tersebut.

Referensi : wikipedia, cnnindonesia, bpkp

Polling

Puaskah Anda dengan pelayan customer support kami?

Newsletter

Hubungi Kami

Email : admin [at] supermarketbatik [dot] com

WA   : 0812 3111 4442

Chat Whatsapp Chat Whatsapp